cara mencetak barcode

Ada beberapa cara mencetak simbol-simbol barcode yaitu:

1. Kita dapat mencetak barcode sendiri menggunakan seperangkat PC dan printer
2. Kita dapat menyerahkan pekerjaan cetak label barcode kepada perusahaan lain atau outsourcing.
3. Jika kita mencetak barcode saat pengemasan (packaging) produk, kita dapat menyerahkan pencetakan itu pada perusahaan yang melakukan pengemasan tersebut.

Mencetak Barcode Sendiri

Barcode dapat dicetak menggunakan printer yang umum dipakai. Cara yang paling sederhana untuk mencetak barcode dengan printer biasa adalah menggunakan font barcode. Kita dapat menginstal font barcode seperti instal font yang lainnya. Di website akan banyak kita temui font barcode yang bisa di unduh secara gratis atau shareware. Masalah utama dalam penggunaan font barcode adalah ukuran dan tipenya. Namun ukuran yang lebih kecil, resolusi printer yang lebih tinggi harus mampu mengefisienkan kode nya secara tepat. Jika kita gunakan resolusi printer 300 dpi maka jangan pilih ukuran font barcode kurang dari 24 point.

Jika ingin mencetak barcode dalam jumlah banyak dari sebuah database, kita dapat menggunakan font barcode dan melakukan mail merge. Namun dalam aplikasi industri lebih utama menggunakan software khusus cetak label barcode. Program cetak label barcode akan mencegah penampilan ukuran barcode yang terlalu kecil untuk printernya (ini adalah masalah ketika menggunakan font barcode). Kebanyakan program tidak akan mencetak kode jika tidak garis yang tipis sekurang-kurangnya selebar 3 titik.

Memesan Label Barcode Preprinted

Kita dapat juga memesan label preprinted dengan barcode dari penyedia jasa/vendor pencetak label barcode. Keuntungannya adalah vendor bertanggung jawab mencetak barcode yang benar-benar bisa terbaca. Namun jika label barcode preprinted ini digunakan maka inventarisasi label harus dijaga.

Mencetak Barcode pada Kemasan Produk

Terakhir, jika jenis barcode yang dipakai UPC atau EAN, umumnya dicetak selama pencetakan kemasan produk. Umumnya kita harus mendapat master film barcode dari vendornya. Namun ada juga perusahaan yang membuat master filmnya sendiri.

Klik disini untuk kembali ke daftar artikel.

0 komentar:

Posting Komentar

untuk membaca keseluruhan posting klik text read more.. di bagian bawah artikel posting